Kamis, 27 Agustus 2009

Pre test kompetensi 2

Pre test 2

  1. Pada sumbu X mendatar, terletak empat buah titik A, B, C dan D dengan kedudukan A= -2 m, B= 6 m, C= 2 m dan D= -4 m. Benda I menempuh lintasan ABC dalam waktu 15 menit. Benda II menempuh lintasan BDC dalam waktu 15 menit. Tentukan:
    1. Jarak dan perpindahan benda I dan benda II
    2. Kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata benda I dan benda II

  1. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 72 km/jam ke barat. Pengendara mobil melihat ada rintangan didepannya sehingga dia menginjak rem dan mobil berhenti 5 detik sejak pengereman dilakukan. Hitung besar dan arah percepatan mobil!

  1. Dua benda A dan B terpisah sejauh 100 m, kedua benda tersebut digerakkan bersamaan saling mendekati, dengan kecepatan berturut-turut 6 m/s untuk benda A dan 4 m/s untuk benda B. Tentukanlah kapan dan dimana kedua benda bertemu!

  1. Sebuah benda bergerak pada lintasan lurus dengan grafik v-t, seperti pada gambar.

a. Tentukan percepatan pada lintasan BC, CD dan EF

b. Tentukan jarak total yang ditempuh benda


















  1. Seorang anak melemparkan batu vertikal keatas dengan kecepatan 40 m/s. Posisi batu itu 6 detik setelah dilempar adalah …………… (g = 10 m/s)

  1. Sebuah benda memiliki berat 50N di permukaan Bumi. Jika percepatan gravitasi Bumi 10m/s2, percepatan gravitasi Jupiter 26m/s2 dan percepatan gravitasi Mars 3,6m/s2. T entukan:
    1. massa benda di Bumi, di Jupiter dan di Mars
    2. berat benda di Jupiter dan di Mars

  1. Pada sebuah benda yang massanya 10 kg bekerja sebuah gaya F arah mendatar besarnya 20 N. Bila µs = 0,4 dan µk = 0,2, maka besarnya gaya gesekan adalah …………(g = 10 m/s)

  1. Jari-jari roda A dan roda B masing-masing 9cm dan 3cm dihubungkan dengan pita, demikian pula roda C dan roda D yang masing-masing jari-jarinya 10cm dan 5cm. Roda B dan roda C satu sumbu. Jika periode roda A = 2 sekon, maka kecepatan sudut roda D adalah … .















  1. Engkol pemutar gergaji kayu yang massanya 25 kg, berputar dengan frekuensi 120 rpm. Hitung gaya sentripetal yang terjadi engkol jika diameter engkol 80 cm!

  1. Sebuah kubus kayu dengan massa 5kg meluncur di atas bidang miring dengan sudut kemiringan 300. Berapa percepatan yang dialami benda apabila diketahui koefisien gesek static 0,3 dan percepatan gravitasi 10m/s2.

6 komentar:

  1. Siapa saja yang ingin tau/ ingin diperjelas jawaban pre test2 bisa mengisi di bagian komentar

    Bu. Tari

    BalasHapus
  2. Bu, nomer 1 saya masih bingung

    Chlinton XTKJ2

    BalasHapus
  3. bu jawaban dari soal" ini kalau di print di kertas gpp ta??ntar di kumpul bsuk hari.nya..

    Felix X TKJ 2

    BalasHapus
  4. buuu........... bingung................ hehe*

    BalasHapus